Skip to main content

PEDOMAN GIZI SEHAT DAN PIRAMIDA MAKANAN


PEDOMAN UMUM GIZI SEHAT
PIRAMIDA MAKAN SEHAT


OLEH
RISKA AMALIAH NASUTION


FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2015


PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG
Setiap tanggal 25 Januari kita peringati sebagai Hari Gizi Nasional. Tahun 2015 merupakan Hari Gizi Nasional yang ke 55.
Apa sih Gizi Baik itu?
Gizi baik,atau gizi seimbang adalah makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, atau seimbang.
Berikut 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang diperkenalkan Pemerintah pada tahun 1995, sebagai panduan pemenuhan gizi masyarakat:
1. Makanlah aneka ragam makanan.
Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantintasnya, atau makanan yang mengandung makanan yang mengandung zat tenaga (karbohidrat, lemak), pembangun (protein) dan zat pengatur (vitamin dan mineral).
2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.
Konsumsi makanan harus dapat memenuhi kebutuhan energi harian. Kecukupankebutuhan energi ditunjukkan dengan berat badan yang normal.
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.
Makanan pokok sebaiknya memberikan setengah kebutuhan energi, sisanya dari makanan lain yang mengandung protein dan lemak seperti daging, telor, susu dan sebagainya
4. Pilihlah makanan berkadar lemak sedang dan rendah lemak jenuh.
Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi. Hal ini untuk menghindari resiko penyempitan pembuluh darah arteri dan jantung koroner.
5. Gunakan garam beriodioum.
Garam beriodium adalah garam yang sudah diperkaya dengan kalium iodiat untuk mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan yodium, seperti gondok dan kretin. Kekurangan unsur yodium dalam makanan sehari-hari, dapat pula menurunkan tingkat kecerdasan seseorang
6. Makanlah makanan sumber zat besi.
Zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan dapat menimbulkan penyakit anemia atau penyakit kurang darah.
7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MPASI sesudahnya.
ASI adalah makanan terbaik bagi bayi, dan tidak ada satu pun makanan lain yang dapat menggantikan ASI. ASI memiliki kelebihan karena meliputi 3 aspek, yaitu aspek gizi, aspek kekebalan dan aspek kejiwaan, berupa jalinan kasih sayang yang penting untuk perkembangan mental dan kecerdasan anak.
8. Biasakan makan pagi.
Sarapan atau makan pagi sangat bermanfaat bagi semua orang, karena dapat memelihara ketahanan fisik, dan produktivitas kerja. Bagi anak-anak, terutama usia sekolah sarapan dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan dalam menyerap pelajaran.
9. Minumlah air bersih dan aman yang cukup jumlahnya.
Sekurang-kurangnya tubuh kita membutuhkan 2 liter atau setara dengan 8 gelas air per hari. Hal ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan melancarkan metabolisme tubuh.
10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur.
Aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi organ tubuh dan memperlambat proses penuaan
11. Hindari minum minuman beralkohol.
Kebiasaan minum minuman beralkohol dapat mengakibatkan terhambatnya proses penyerapan zat gizi, hilangnya zat-zat gizi yang penting, kurang gizi, penyakit gangguan hati, kerusakan saraf otak dan jaringan. Kecanduan alkohol juga dapat membuat seseorang kehilangan kendali diri, yang dapat menjadi faktor pencetus tindak kriminal.
12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.
Selain bergizi lengkap dan seimbang, konsumsilah makanan yang layak dan aman bagi kesehatan. Yaitu makanan yang bebas dari kuman dan bahan berbahaya, serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat.
13. Bacalah label makanan yang dikemas.
Biasakanlah membaca label yang terdapat pada makanan kemasan. Dengan demikian kita dapat mengetahui isi, jenis dan ukuran bahan-bahan yang digunakan, susunan zat gizi, tanggal kedaluwarsa, dan keterangan penting lain yang terdapat di dalamnya.
Berikut beberapa singkatan yang lazim digunakan dalam label, antara lain:
· MD: makanan yang dibuat di dalam negeri
· ML: makanan luar negeri (import)
· Exp: tanggal kedaluwarsa, artinya batas waktu makanan tersebut masih layak dikonsumsi. Sesudah tanggal tersebut, makanan tidak layak dikonsumsi.
· SNI: Standar Nasional Indonesia, yakni keterangan bahwa mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan.
· SP: Sertifikat Penyuluhan.




PIRAMIDA MAKANAN
Jika kebutuhan gizi seorang anak terpenuhi dan seimbang, maka anak tersebut akan dikatakan sehat. Untuk memenuhi gizi seorang anak, Anda perlu mengetahui tentang piramida makanan. Pada bagian bawah piramida makanan, ada banyak makanan yang harus dikonsumsi lebih banyak, karena akan memberi manfaat yang lebih besar. Semakin ke atas, manfaat dari makanan tersebut akan semakin berkurang sehingga tidak terlalu penting untuk dikonsumsi. Mungkin Anda penasaran tentang piramida makanan tersebut, berikut ulasannya.
Agar buah hati Anda bisa tumbuh dengan sehat, sejak kecil kebutuhan gizinya harus terpenuhi. Anda dapat menggunakan piramida gizi seimbang yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian bawah, bagian tengah dan bagian atas untuk mengetahui cara untuk memenuhi kecukupan gizi anak Anda. Ketiga kategori memiliki fungsi dari makanannya masing-masing.
jika kebutuhan gizi seorang anak terpenuhi dan seimbang, maka anak tersebut akan dikatakan sehat. Untuk memenuhi gizi seorang anak, Anda perlu mengetahui tentang piramida makanan. Pada bagian bawah piramida makanan, ada banyak makanan yang harus dikonsumsi lebih banyak, karena akan memberi manfaat yang lebih besar. Semakin ke atas, manfaat dari makanan tersebut akan semakin berkurang sehingga tidak terlalu penting untuk dikonsumsi. Mungkin Anda penasaran tentang piramida makanan tersebut, berikut ulasannya.
Agar buah hati Anda bisa tumbuh dengan sehat, sejak kecil kebutuhan gizinya harus terpenuhi. Anda dapat menggunakan piramida gizi seimbang yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian bawah, bagian tengah dan bagian atas untuk mengetahui cara untuk memenuhi kecukupan gizi anak Anda. Ketiga kategori memiliki fungsi dari makanannya masing-masing.




Comments

Popular posts from this blog

SOAL SIMULASI UKAI – FARMAKOTERAPI

 ANSIETAS 1.    Gangguan perasaan cemas dan khawatir disertai minimal tiga gejala psikologis terjadi hampir setiap hari selama minimal 6 bulan dan dapat membaik secara spontan. Gangguan kecemasan manakah yang sesuai dengan kejadian tersebut? a.        Gangguan kecemasan umum b.       Gangguan kecemasan panik c.        Gangguan kecemsan sosial d.       Gangguan kecemasan paska-trauma e.        Gangguan kecemasan stress akut 2.     Ibu T, 55 tahun bertempat tinggal di pemukiman padat di Jakarta. Ibu T sudah dua hari dirawat di unit psikiatri RSCM karena tidak bisa tidur, nafsu makan menurun, melamun, malas beraktivitas, sering menangis keras dan teriak-teriak “Api….api…api”. Menurut keterangan tetangga yang membawa ibu T ke RSCM, kondisi ibu T yang labil tersebut mulai terlihat sejak kebakaran yang menimpa 2 minggu yang lalu. Bencana tersebut telah menewaskan suami dan anaknya . Sebagai apoteker konseling apa yang anda bisa sarankan untuk pasien? a.        menyara

Cinta | Tentang Cinta

Tentang cinta yang datang perlahan.. membuat ku takut kehilangan.. Apa sebenarnya arti cinta. virus merah jambu yg mulai menghantui... Mahasiswa tingkat akhir yg sebentar lagi akan wisuda membuat ku semakin resah dengan virus yg satu ini... Kebingungan dan tentu kegelisahan. disatu sisi hati ini egois untuk memiliki namun disisi lain hati ini juga harus ikhlas bahwa diri ini belum siap untuk dimiliki.. Akal tahu betul bahwa virus merah jambu yg kita sebut cinta ini sangat menyiksa. rasa takut kehilangan seseorang yg belum pernah dimiliki... ingin mengikhlaskan tapi tetap selalu menyebut namanya dalam doa... ini ujian yg lebih berat dari ujian sidang hehe gak sih becanda... tapi inti nya i know ini ujian dari allah dan harus bisa dilewati jodoh pasti bertemu.. eh :p... Intinya jangan dipikirin aja yaa perbaiki lah niat Allah maha mengetahui apa yg tidak kita ketahui

Tersinggung Bagian dari Hidayah

Saya teringat dulu saat ada seseorang yang menasihati saya, hati terasa muak, sakit hati, panas, Dan saya pun menuutup rapat telinga. Karena kesombongan diri merasa sudah paling benar, padahal seujung kukupun belum dapat dikatakan benar. . Saat mereka berkata macam macam tentang perintah Allah, Sontak di pikiran saya mereka seperti orang yang sok tahu tidak pernah berbuat salah, Allahu… Benar adanya, Bila kita terlalu mengikuti hawa nafsu, hati manusia akan bisa lebih keras daripada baja. . Dan setelah saya mencoba melangkah, Barulah saya mengerti… Ternyata merekalah yang sayang kepada saya, Merekalah yang mencoba menunjukkan jalan, orang yang saya pernah benci dengan kalimatnya. orang yang saya bosan mendengarnya. Merekalah yang tidak mau melihat diri ini tersesat, lantas di tunjukkannya lah jalan yang Indah. Entah hati di kuasai apa, teringin pulalah di jalan yang kotor membuat susah. . Memang benar lagi adanya, Tersinggung pada kebaikan adalah bagian dari hidayah